bagian-bagian sel lengkap dengan funsinya yang harus anda ketahui

Taukah anda apai itu Sel. Sel adalah unit paling kecil sebagai penyusun organisme. Taukah kalian sel pertama kali di teliti oleh seorang yang bernama Robert Hook sekitar tahun 1665 dia memperhatikan sebuah sayatan dengan mengunakan Mikrosop dan melihat terdapat ruang kecil yang saling berderet lalu ruang tersebutlah yang di namakan sel oleh  Robert Hook.
Jika di artikel sebelumnya kita membahas tentang pengertian sel dan jenisnya secara lengkap
Atau anda bias langsung saca baca pengertian sel dan penemu sel

Jadi kali ini jawabdosen akan membahas tentang bagian bagian sel secara lengkap.jika kalian sedang belajar Ilmu pengetahuan alam maka anda akan mempelajari bahwa sel berkaitan dengan ilmu genetika jika anda penasaran sebelum lanjut ke materi anda saya sarankan membaca istilah genetika terlebih dahulu biar semakin paham.
sel memiliki bagian yang berbeda beda bagian bagian sel di antaranya adalah
Membrane sel atau membrane plasma
Membran sel sendiri berfungsi untuk melindungi dan mengatur zat yang kluar masuk ke dalam sel,membrane sel juga bersifat semipermeable jika di artikan adalah hanya dapat dilewati zat tertentu zat yang dapat melewati membrane sel contohya oksigen zat yang larut dengan lemak ion dan air.dan zat yang tidak dapat melewati membrane sel seperti protein dan gula.
Sitoplasma
Sitoplasmaadalah sebuah cairan sel yang mengandung zat yang berbeda beda,contonya seperti lemakprotein,karbohidrat ,enzim dan hormonyang berfungsi sebagai tempat reaksi metabolism sel terhadap sitoplasa
Inti sel (Nukleus)
Adalah susunan atas membrane,cairan inti,kromosom dan anak inti, yang tersusun dari air,protein dan mineral.kromosom juga adalah pembawa sifat keturunan atas benang benang kromatin yang berfungsi mengatur seluruh kegiatan di sel
Mitokondria
Adalah organ sel membrane yang berfungsi menghasilkan energy.
Ribosom
Adalah salah satu organ sel yang terdapat di dalam sel ribonsom sendiri berbentuk bulatan blatan kecil yang menempel pada membranretikulum endoplasma ada juga di sitoplasma. Ribbon sendiri berfungsi sebagai tempat pembuatan protein.
Retikulum endoplasma
adalah saluran yang menghubungkan antara intisel ke sitoplasma terdapat dua tipe Retikulum endoplasma.retikulum endoplasma kasar dan halus reticulum endoplasma dsendiri berfungsi sebagaipembuat dan menyalurkanbahan yang di butuhkan oleh oragan sel.
Badan golgi(kopleks golgi)
Berbentuk seperti kantong yang bertumpuk yang berfungsi untuk merubah bahan bahan yang di hasilkan reticulum endoplasma dan menyalurkannya ke oraganel-organel
Linsosom
Adalah oraganel yang berbentuk seperti kantong yang berisikan enzim pencernaan yang berfungsi untuk mencerna zat-zat sisamakanan. Jika sampai linsosom robek atau pecah maka enzim yang terdapat di dalam akan merusak organ sel dan akibat yang di timbulkan sel akan mati.
Senteriol
Berfungsi sebagai pembelah sel yang terdapat pada tumbuhan sedangkan di dalam hewan tidak terdapat senteriol
Plastisida
Hanaya di miliki tumbuhan,didalam  plastisida terdapat pigmen tertentu,
Leukopas yang terdapat pada tumbuhan berfungsi sebagai tempat cadangan makanan
Dinding sel
Dinding sel berfungsi untuk melindungi sel juga berfunsi menjaga bentuk sel tumbuhan bertubah dan tetap kaku
m. Peroksisom
Peroksisom disebut juga badan mikro, berukuran hampir sama dengan lisosom. Peroksisom dibatasi oleh membran tunggal dan terdapat baik pada sel tumbuhan maupun sel hewan. Peroksisom berisi penuh dengan enzim, dan yang paling khas ialah enzim katalase. Fungsi dari peroksisom yaitu :
  1. Mengahasilkan enzim katalase dan oksidase. Enzim oksidase berfungsi untuk menghasilkan hidrogen peroksida, yang membahayakan tubuh. Sehingga peroksisom juga menghasilkan enzim katalase untuk mengatasi bahaya tersebut
  2. Memecahkan lemak menjadi molekul karbohidrat untuk dijadikan sebagai bahan respirasi sel
  3. Menetralisir alkohol dan senyawa berbahaya lainnya
  4. Membantu perubahan senyawa purin dalam sel


Pada hewan peroksisom banyak terdapat di hati dan ginjal, pada tumbuhan terdapat dalam berbagai tipe sel.


Glioksisom
Glikosisom merupakan badan makro dari peroksisom.. Glioksisom hanya terdapat pada sel tumbuhan misalnya pada lapisan aleuron biji padi-padian. Glioksisom sering ditemukan di jaringan penyimpan lemak dari biji yang berkecambah pada tumbuhan. Glioksisom tumbuhan mengandung enzim pengubah lemak menjadi gula. 
Fungsi glikosisom yaitu :
1. Bersinergi dengan peroksisom dalam membantu metabolisme tubuh
2. Mengahasilkan gula sebagai sumber energi yang digunakan untuk proses perkecambahan

kesimpulan dari pembahasan di atas adalah:
sel memiliki struktur sebagai berikut: Membran sel (membran plasma), Sitoplasma, Inti sel (Nukleus), Mitokondria, Ribosom, retikulum endoplasma, badan, golgi (kompleks golgi), lisosom, sentriol, vakuola, plastisida, dinding sel, peroksisom, dan glioksisom yang mempunyai fungsi dan peran masing-masing bagi sel.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "bagian-bagian sel lengkap dengan funsinya yang harus anda ketahui"

Post a Comment