Jenis Virus Komputer (jenis virus Komputer dan cara mengatasinya)

11 JENIS VIRUS KOMPUTER YANG WAJIB ANDA KETAHUI


Masih ingatkan anda ketika  dunia digital dihebohkan dengan teror  virus malware ransomware WannaCry. Malware ini beredar luas dan menyandera data-data sedikitnya 200 ribu lebih komputer di hamper 100 negara di seluruh dunia.

Ransomware adalah jenis virus yang mengunci dokumen-dokumen di dalam computer yang terserang virus ini. Virus ransomware WannaCry sendiri telah menyerang rumah sakit di berbagai dunia, dengan bahkan Indonesia pun tak terkecuali terkena dampak dari virus ini
Cara kerja Ransomware WannaCry adalah mengunci dokumen-dokumen Jika ingin dokumen dapat diakses kembali, anda harus membayar sekitar 100-300 dolar AS.
Serangan virus WannaCry bukanlah virus komputer pertama yang mengembparkan dan mengancam dunia. Sebelumnya terdapat sejumlah virus atau malware lain yang menimbulkan kerugian ekonomi besar, bahkan ancaman nuklir. Kali ini Jawabdosen.com akan membahas 11 jenis-jenis virus computer yang perlu anda ketahui atau Jenis Virus Komputer (jenis virus Komputer dan cara mengatasinya) lengkap:

1 Memory Resident Virus
Memory Resident Virus yaitu suatu virus yang bisa merusak RAM komputer. Efek yang disebabkan dari virus ini adalah komputer menjadi lambat.
Mengatasi virus ini dengan cara menggunakan antivirus,tetapi antivirus yang digunakan juga harus diupdate secara terus-menerus.



2 Web Scripting Virus
Web Scripting Virus ialah suatu program yang dipakai untuk memperindah konten dari suatu website,tetapi program ini disalah gunakan untuk mengganggu dengan tujuan tertentu.
Mengatasi virus jenis ini bias dengan cara memakai Microsoft tool bawaan windows dan lakukan scan secara berkala.

3 Multipartite Virus
Virus ini adalah suatu virus komputer yang terdiri dari beberapa file-file yang merusak sistem operasi tertentu.Virus ini biasanya ada pada RAM dan akan merusak harddisk.
Salah satu cara mengatasi ini yaitu dengan melakukan Disk Defragmenter.

Baca juga
Cara penyebaran virus komputersiklus hidup virus komputer5 kemampuan yang harus dimiliki oleh virus komputer




4 FAT Virus
File Allocation Table kata lain dari FAT Virus ialah suatu virus  yang diciptakan untuk tujuan merusak file pada lokasi tertentu.File yang terjangkit virus ini biasanya disembunyikan agar seolah-olah file tersebut hilang.
Mengatasi virus ini dengan cara melakukan scan memakai antivirus yang sudah diupdate secar teratur.

5 Companion virus
Virus ini adalah suatu virus komputer yang diciptakan untuk merusak data pribadi.Lokasinya berada dalam hardisk.Tapi memiliki ciri ekstensi yangberbeda.
Cara pencegahannya yaitu  download firewall dan install scan antivirus

6 Polymorpic virus
Virus ini ialah virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menyandikan dirinya dengan cara berbeda-beda disaat menginfeksi sistem. Contohnya Marburg,elken dan tuareg

7 Directory virus
Virus ini ialah virus yang merusak file dengan ekstensi exe atau juga com,kemudian memindahkannya.Sehingga ketika file tersebut dipanggil untuk dijalankan,maka dengan otomatis virus akan bereaksi untuk merusak sistem lainnya.Mengatasi virus ini bias dengan cara melakukan format kemudian install ulang semua program dan sistem operasinya.

8 Macro virus
Macros Virus yaitu virus komputer yang memiliki kemampuan untuk merusak file makro seperti doc,Xls,Mdb,dan Pps.Virus jenis ini juga akan merusak email yang berisi dokumen.Mengatasi virus ini bias dengan cara menghindari untuk membuka email yang tak dikenal,juga menonaktifkan program makro.

9 Boot sector virus
Virus ini adalah sebuah virus komputer yang bisa merusak bagian terkecil didalam suatu hardisk yang dikenal dengan sektor boot.Lokasinya tersembunyi di dalam floppy disk.Jadi,ketika sistem berjalan,dia dapat berpindah kemana saja untuk melakukan pengerusakannya.Contohnya Polyboot.B,Anti EXE.Salah satu cara ampuh untuk mengatasinya dengan memastikan floppy disk pada posisi write protect atau tidak.

10 Overwrite viruses
Ini adalah salah satu virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menghapus file yang terinfeksi tanpa harus mengubah ukuran filenya tersebut.Sehingga kita bisa tidak merasa curiga atas keberadaannya.Contohnya Way, Trj.Reboot,Trivial.88.D.Hanya ada satu cara tuk mengatasinya dengan menghapus file yang terjangkit.

11 Direct action viruses
Direct action viruses,ini ialah salah satu virus komputer yang memiliki kemampuan merusak file yang jenisnya AUTOXEC BAT.Yang ada pada direktori hardisk pada komputer.Virus jenis ini akan bereaksi ketika sistem operasi diaktifkan.Virus jenis ini memiliki kemampuan untuk merusak perangkat eksternal contohnya hardisk eksternal dan flashdisk.Salah satu contohnya, Vienna



semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda untuk meningkatkan admin dalam memberi informasi anda bisa like subcribe untuk berlangganan secara gratis trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Virus Komputer (jenis virus Komputer dan cara mengatasinya)"

Post a Comment