Tata Tulis Karya Ilmiah "jenis,pengertian,contoh lengkapnya"

TATA TULIS KARYA ILMIAH
Penjelasan umum tentang mata kuliah Tata Tulis Karya Ilmiah (TTKI)
Kali ini jawab dosen akan membahas tentang tatatulisan karya ilmiah tau kan kalian
Karya Ilmiah adalah laporan yang tertulis dan dipublikasi yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Jenis-jenis karya ilmiah dan pengertiannya:

Pengertian Makalah

apa itu makalah, makalah adalah sebuah peleaporan sebuah tugas yang menyajikan pembahasannya berdasarkan data di lapangan bersifat empiris-objektif dan masalah dengan melalui proses berpikir deduktif atau induktif.

Pengertian Kertas Kerja :

hampir sama  dengan Makalah tetapi analisis dalam kertas kerja lebih mendalam daripada analisis dalam makalah.
Perbedaan Menulis Skripsi (S1), Tesis (S2) dan Dissertasi (S3)

Pengertian Skripsi:  

istilah yang digunakan untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku di perguruan tinggi

Pengertian Tesis:

hampir sama seperti Skripsi, tetapi dari segi content dan analisis pembahasannya lebih mendalam dan ada upaya untuk melakukan pemecahan masalah

Pengertian Dissertasi: 

dalam pengungkapan hasil penelitiannya lebih kepada penemuan teori, pengembangan teori, bahkan penumbangan pada teori-teori atau hasil penelitian sebelumnya yang mendalam, juga mencoba mengungkapkan solusi pemecahan masalah dari hasil penelitiannya. Hasil penelitian dissertasi harus mengandung rekomendasi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi.

Di perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa di wajibkan untuk menghasilkan karya ilmiah, seperti makalah, laporan praktikum, dan skrispsi atau tugas ahir.
Skripsi (tugas akhir) umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil tetapi dilakukan cukup mendalam.
Sementara itu makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis pakar-pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari.
Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian.

Ciri ciri karya tulis ilmiah

Kaya tulis ilmiah berbeda dengan karya tulis jurnalistik. Karya tulis ilmiah juga berbeda dengan karya tulis prosa fiksi.
Apabila karya tulis jurnalistik mendeskripsikan objek atau menceritakan peristiwa sebagai tujuan utama penulisan, karya tulis ilmiah mendeskripsikan objek atau menceritakan peristiwa sebagai bukti yang mendasari penyimpulan sebuah teori.
Oleh karena itu, tugas jurnalis adalah “memfoto” fenomena apa adanya, tanpa diikuti komentar atau analisis teori. Sebaliknya, tugas ilmuwan atau akademisi adalah menganalisis fenomena berdasarkan teori tertentu.
Apabila karya tulis prosa fiksi menonjolkan ekspresi emosi atau perasaan, karya tulis ilmiah menonjolkan ekspresi akal pikiran. Oleh karena itu, pengarang prosa fiksi bebas mengekspresikan imajinasinya yang subjektif. Sebaliknya, penulis karya ilmiah bebas mengekspresikan analisis logis yang objektif.
  • Objektif
  • Netral
  • Sistematis
  • Logis
  • Menyajikan fakta (bukan emosi atau perasaan)

Pentingnya Tata tulis karya Ilmiah 
Pada suatu karya tulis ilmiah, memegang peranan penting dalam proses penulisan dan penyusunannya. Dalam penyusunan suatu tulisan yang berkonsep ilmiah harus menggunakan bahasa yang baku dan ejaan yang benar serta sistematika penulisan yang terstruktur. Sehingga suatu karya tulis dapat menyajikan suatu informasi yang berkualitas.
Suatu karya ilmiah harus menggunakan metode ilmiah dalam pencarian data atau informasi baik itu dilakukan secara langsung atau tidak langsung dalam mendapatkan informasi.
Bahasa yang digunakan pada penulisan ilmiah pada umumnya menggunakan bahasa yang biasanya jarang muncul pada kamus bahasa Indonesia, dan bahasa yang dicantumkan pada suatu tulisan ilmiah memiliki suatu arti dan makna dari berbagai bidang ilmu.
Kenapa bahasa memiliki peranan penting dalam sebuah karya ilmiah?
Jawabannya  adalah data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan refrensi untuk penelitian atau pengkajian selanjutnya. Hal ini agar penelitian tersebut dapat dipertanggung jawabkan.

Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam penulisan ilmiah yaitu:

Gunakanlah kata yang umum dikenal.
Gunakan kalimat yang sederhana sehingga karya tulis dapat mudah dimengerti dan dipahami.
Gunakan tata bahasa serta ejaan yang disempurnakan (EYD), dimana harus diakhiri dengan tanda titik dan koma.
Gunakan bahasa yang singkat, padat  dan jelas.
Sumber atau informasi digunakan dalam pembuatan penulisan ilmiah harus dicantumkan

Baca juga 

Pengertian Fonologi bahasa Indonesia"lengkap deng ruang linkup ahli contohnya"




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tata Tulis Karya Ilmiah "jenis,pengertian,contoh lengkapnya""

Post a Comment