Sejarah Virus Komputer("sejarah siklus hidup dan cera penyebaran virus komputer yang perlu anda ketahui")

Sejarah Virus Komputer("sejarah siklus hidup dan cera penyebaran virus komputer yang perlu anda ketahui")


kali ini jawabdonsen.com akan membahas tentang virus komuter Taukah anda Istilah "virus" pertama kali digunakan oleh Fred Cohen di tahun 1984 tepatnya di Amerika Serikat. Dinamakan "Virus" karena mempunyai beberapa kesamaan dasar dengan virus dalam dunia kedokteran (biological virus).
  
Virus komputer adalah program komputer yang bisa menggandakan dirinya sendiri  dan menyebar dengan cara menyisipkan gandaan dirinya ke dalam program lain.Virus komputer pada umumnya merusak perangkat lunak, tidak bisa secara langsung merusak perangkat keras tapi bisa mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa ke perangkat tertentu.ada beberapa orang yang mempelopori tentang Virus.
virus komputer pertama kali diciptakan bersamaan dengan komputer. Pada tahun 1949 dengan seorang pencipta komputer, John von Newman, yang menciptakan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC).
Perkembangan virus komputer selanjutnya terjadi di AT&T Bell Laboratory salah satu laboratorium komputer terbesar di dunia yang telah menghasilkan banyak hal, seperti bahasa C dan C++. Di laboratorium ini, sekitar tahun 1960-an.
Sekitar tahun 1970-an , perusahaan Xerox memperkenalkan suatu program yang digunakan untuk membantu kelancaran kerja.Struktur programnya menyerupai virus, namun program ini adalah untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin dan pada waktu yang bersamaan dua tugas dapat dilakukan.
Pada tahun 1980-an, perang virus di dunia terbuka bermula atas pemaparan Fred Cohen, seorang peneliti dan asisten profesor di Universitas Cincinati, Ohio. 
Sementara virus berkembang, Indonesia juga mulai terkena wabah virus. Virus komputer ini pertama menyebar di Indonesia juga pada tahun 1988. Virus yang begitu menggemparkan seluruh pemakai komputer di Indonesia, saat itu, adalah virus Brain yang dikenal dengan nama virus Pakistan. Pada tahun 2009 diperkirakan jumlah virus yang ada telah mencapai jutaan varian.

Tujuan dibuatnya Virus :

Tujuannya yaitu untuk mencuri data pada komputer tanpa diketahui pemiliknya.Banyak efek negatif yang disebabkan oleh virus komputer diantaranya rusaknya data,error pada program di komputer sehingga data tersebut tidak dapat dibuka,selain itu virus juga akan menggandakan dirinya sendiri dengan jumlah yang banyak sehingga akan memenuhi ruang dikomputer dan akan memperlambat kinerja RAM dan prosessor.


Taukah anda Fungsi dari sebuah Virus Komputer  :

Search Routine : bagian ini berfungsi untuk menemukan fie baru yan di jadikan target untuk di serang dan bagian ini menentukan bagaimana virus akan bereproduksi.
Copy Routine : Bagian ini berfungsi untuk meng-copy diri nya sendiri dan ukuran dari bagian ini bergantung pada virus yang di copy.

Siklus  Hidup Virus komputer yang perlu anda ketahui


Siklus hidup virus secara umum, melalui 4 tahap yaitu :

Dormant phase ( Fase Istirahat/Tidur )
Pada fase ini virus tidaklah aktif. Virus akan diaktifkan oleh suatu kondisi
tertentu, semisal:tanggal yang ditentukan,kehadiran program lain/dieksekusinya \
program lain, dsb. Tidak semua virus melalui fase ini

Propagation phase ( Fase Penyebaran )
Pada fase ini virus akan mengkopikan dirinya kepada suatu program atau ke suatu
tempat dari media storage (baik hardisk, ram dsb).

Trigerring phase ( Fase Aktif )
Di fase ini virus tersebut akan aktif dan hal ini juga di picu oleh beberapa kondisi
seperti pada Dormant phase

Execution phase ( Fase Eksekusi )
Pada Fase inilah virus yang telah aktif tadi akan melakukan fungsinya. Seperti
menghapus file, menampilkan pesan-pesan, dsb

Pencipta Virus Komputer  yang perlu di ketahui adalah:

Fred Cohen
Sekitar tahun 1980-an, seorang peneliti dan assisten professor di Universitas Cicinati, ohio. dalam pemaparannya, fred juga mendemonstrasikan sebuah program buatannya. Suatu virus yang bisa menyebar secara cepat pada sejumlah komputer.
Mark Ludwig
Pada tahun 1988,seorang lulusan MIT dengan gelar PhD bernama Mark Ludwig, mengenalkan sebuah program yang  beroprasi tak terkendali di dalam komputer yang menjadi mata pencariannya. sangat sulit. Usaha Ludwig untuk mendakati perusahaan antivirus guna mengakses koleksi virus mereka gagal. Akhirnya, Ludwig memutuskan untuk bekerja sendiri.Ia mendirikan BBS & memberi imbalan US$25 untuk setiap virus yang terupload.
Usaha itu membuahkan hasil, dan berakhir dengan lahirnya buku tulisan ia sendiri,yang berjudul "The Little Black Boo Of Virus", buku itu banyak mendapat kecaman publik, tapi Ludwig tetap meneruskan penelitiannya kembali dan kembali menerbitkan bukunya "The Little Black Boo Of Virus: The Aforemtioned Computer Virus, Artifical Life, and Evolution", yang di terbitkan di tahun 1993. Mark Ludwig juga membuat sebuah program "Darwin Genetic Mutation Engine", yaitu sebuah program bantu yang bias mengubah virus DOS apa saja menjadi canggih karena mempunyai kemampuan untuk bermutasi sehingga tidak terdeteksiantivirus.
Tom Ray
Dia adalah seorang Ekologis Universitas Delaware, menuntut ilmu di Advanced Telecommunication Research Institute International di Kyoto, Jepang.Pada tahun 1989 Ray melakukan penelitian yang mengubah kariernya. Ia membuat Virus WORM, sebuah istilah program komputer yang bias memperbanyak dan mengeksekusi dirinya tanpa bergantung pada program induk yang di tumpangi. Dalam penelitiannya,ray membuat sebuah lingkungan digital pada labnya, yang di beri nama "Tierra" (Bahasa spanyol untuk bumi), dan mulai membuat penghuninya yang di beri nama "The Ancestor".
Makhluk itu adalah worm pertama yang di buat oleh ray yang berupa kode atau bahasa mesin yang berukuran 80 byte dengan kemampuan memperbanyak dirinya sendiri.Ketika di lepas dalam Tierra, makluk itu menyebar dengan cepat dalam satuan menit, dan telah menghasilkan varian baru yang berukuran 79 byte,setelah beberapa lama kemudian ray menemukan banyak varian baru "The ancestor", yaitu berukuran lebih kecil, 45,51, bahkan 22 byte.Mahluk berukuran 45-51 itu bukan lagi worm.Dia berbentuk virus parasit yang memanfaatkan kode-kode produksi dari program lain.Di tahun 1994, ray memiliki ide baru untuk melepaskan Worm buatannya ke dalam jaringan dunia, yang dimasukan kedalam sebuah dokumen berjudul "A Proposal To Create a Network-Wide Biodiversity Reserve for Digital Organism",yang berisikan penjelasan untuk mempercepat Evolusi di Tierra.

HellRaiser
Seorang pembuat virus Komputer ,HellRaiser adalah salah satu  pendiri kelompok pembuat virus dunia bernama Phalkon/Skism.Dia juga pembuat 40Hex, suatu program virus siap pakai.HellRaiser beranggapan virus adalah suatu bentuk grafity elektronis.Pertama kali HellRaiser mendalami penciptaan virus komputer adalah dengan cara mendapatkan kode-kode virus yang diberi nama"Virus-Exchange".Tapi, karena kuranganya dana untuk masuk ke virus exchange membuatnya melakukan cara lain dengan meneliti dan mempelajari contoh virus jarusalem yang bisa merusak komputernya.Setelah penelitiannya selama berminggu-minggu, muncullah virus pertamanya yang bernama "SKISM-1".
Tapi HellRaiser belum puas karena virusnya hanya hasil modifikasi dari virus jarusalem,sehingga mempelajari dan mendalami kembali bahasa assembly DOS,dan mulai mempublikasikan virusnya dan menyebarkan tekniknya ke kalangan Underground New York melalui layar BBS Phreak/hack, dan berkomunikasi dengan pembuat virus lainnya yang tergabung dalam kelompok Legions Of Dooms, MOD, dan Chaos Club. Lalu,HellRaiser mulai mendirikan grubnya sendiri,yaitu SKISM (Smart Kids Into Sick Method) yang mempunyai tujuan untuk memperdalam keahlian anggotanya dalam membuat virus.Grub itu mulai menyebarkan virus 40Hex buatannya ke Virus Exchange. Teknik 40Hex dipublikasikan pada bulan Mei tahun 1991.

Beberapa tahun kemudian, SKISM mulai bergabung dengan kelompok lainnya di New York, PHALCON, dan membentuk super grub SKISM/Phalcon.SKISM  juga bergabung dengan beberapa kelompok lain seperti NUKE(Koalisi antara Kanada,Australia,Swiss,Taiwan) dan muncul grub-grub lain seperti Trident dari Eropa juga kelompok Zines. Setelah itu,perkembangan virus komputer semakin luas menyebar di dunia.Setelah masa-masa pelopor pembuat virus komputer tersebut,baru bermunculan pembuat virus dari berbagai negara.Indonesia termasuk salah satunya.Teknologi pembuatan virus komputer semakin berkembang dikarenakan banyak virus yang dimodifikasi dengan teknologi baru untuk menghindari scanning AntiVirus.

Banyak program-program generator untuk virus yang disebarkan secara meluas,yang dapat membuat virus instan, tanpa pembuatnya mengerti tentang assembly,contohnya "virus creation laboratory" (VCL) yang di buat oleh Nohware Man, salah satu anggota NUKE, "Mass/Phalcon Production Code Generator" (PS-MPC) dari SKISM/Phalcon, "Instant Virus Production Kit" (IVP) dari Admiral Baily, seorang anggota YAM (Youngster Against McAfee),dan yang lainnya, yang turut memperluas perkembangan virus komputer dunia
Bahaya dari Virus Komputer
Pada dasarnya, virus komputer memang cukup berbahaya, karena dapat menyebabkan banyak sekali masalah pada komputer berikut adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan dari virus komputer :
  1. Kinerja komputer anda menjadi sangat lambat
  2. Proses booting sistem operasi menjadi lambat
  3. Banyak kapasitas harddisk yang terpakai percuma
  4. Komputer menjadi cepat panas
  5. Kerusakan hardware, terutama CPU, VGA, dan juga RAM
  6. Kapasitas RAM dan CPU Usage yang menjadi tidak normal
  7. Suhu komputer menjadi sangat panas
  8. File dan juga data yang menjadi corrupt
  9. Kehilangan data dan informasi penting


Virus computer menurut beberapa ahli atau ilmuwan computer :

Menurut John von Newman sekitar tahun 1949,beranggapan bahwa virus adalah kemungkinan suatu program yang dapat menyebar secara otomatis.
Menurut Rainer ,virus komputer adalah tindakan jahat yang sifatnya merusak dengan cara melampirkan ke program lainnya dalam komputer yang berupa segmen kode.
Menurut Fred Cohen,virus komputer adalah suatu program yang dapat mereplikasikan yang bisa merusak program.
Menurut Daniel Tynan,sejarah virus yang ada di komputer menurut catatan Daniel dari PC World berawal ditahun 1982.Saat itu virus menyebar melalui  disket Aplle II yang dinamai Elk Cloner.Di layar monitor akan muncul tulisan yang diakhiri kata-kata,”Yes It’s-Cloner!”.

Syarat-syarat Kemampuan Yang Harus Dimiliki Virus Komputer

Suatu aplikasi bisa dikatakan sebagai Virus Komputer apabila telah
memiliki 5 kemampuan dasar berikut :
  1. Kemampuan mendapatkan informasi
  2. Kemampuan memeriksa suatu program
  3. Kemampuan menggandakan diri dan menulari file lain
  4. Kemampuan melakukan manipulasi
  5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri
  6. Kemampuan untuk mengexploitasi suatu kelemahan pada system.


Cara Penyebaran Virus Komputer :

Virus komputer dapat menyebar keberbagai komputer/mesin dengan berbagai cara, diantaranya:
Disket media storage R/W
Media penyimpanan eksternal dapat menjadi sasaran empuk bagi virus untuk dijadikan media. Baik sebagai tempat menetap ataupun sebagai media penyebarannya.Media yang bias melakukan operasi R/W (read dan Write) sangat memungkinkan untuk ditumpangi virus dan dijadikan sebagai media penyebaran.

penyebaran virus Jaringan ( LAN, WAN,dsb)

Hubungan antara beberapa computer secara langsung sangat memungkinkan suatu virus ikut berpindah saat terjadi pertukaran/pengeksekusian file/programyang mengandung virus.

penyebaran virus  melalui WWW (internet)

Sangat mungkin suatu situs sengaja di tanamkan suatu ‘virus’ yang akanmenginfeksi komputer-komputer yang mengaksesnya.

penyebaran virus  melalui  Software yang Freeware, Shareware atau bahkan Bajakan

Banyak sekali virus yang sengaja di tanamkan dalam suatu program yang disebarluaskan baik secara gratis, atau trial version yang tentunya sudahtertanam virus didalamnya.

penyebaran virus  melalui Attachment pada Email, transferring file

Hampir semua jenis penyebaran virus akhir-akhir ini menggunakan email attachment dikarenakan semua pemakai jasa internet pastilah menggunakan email untuk  berkomunikasi, file-file ini sengaja dibuat mencolok atau menarik perhatian, bahkan seringkali memiliki ekstensi ganda pada penamaan filenya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Virus Komputer("sejarah siklus hidup dan cera penyebaran virus komputer yang perlu anda ketahui")"

Post a Comment