Batuan Metamorf "jenis ciri dan kegunaan batuan Metamorf yeng perlu anda ketahui lengkap dengan gambar"

Taukah kalian ada berapa batuan di bumi kita ini di bumi ada 3 jenis batuan yaitu batuan beku batuan sedimen dan batuan metamorf nah di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang batuan beku
Anda bias Baca :
Batuan beku "lengkap ciri warna stuktur dan kegunannya"                                                  Batu Sedimen"pengertian,cirijenis dan terbentuknya batuan sedimen"

Nah kali ini kita jawabdosen akan membahas tentang 6 jenis batu  metamorf yang perlu anda ketahui.  nama metamorf menjadi nama jenis batuan yang melengkapi batuan beku batuan sedimen. Batu metamof sering disebut batu malihan batuan ini adalah sekolompok batuan yang tercipta karena transformasi dari jenis batuan yang sudah ada sebelumnya oleh suatu proses yang di sebut metamorphosis atau perubahan bentuk.
Batu metamorf sendiri memiliki fungsi yang tak kalah banyak bagi manusia. Salah satu contoh ahli geologi dapat memeriksa suhu dan tekanan di dalam bumi.tetapi saat ini batu metamorf sudah banyak terbuka di permukaan bumi yang di akibatkan karena erosi tanah dan pengangkatan tanah itu sendiri.

Proses terbentuknya batuan Metamorf

Batu ini tidak semeta meta ada di bmi kita ini lo? Terbentuknya batu metamorf sendiri di perlukan beberapa tahapan batu ini berasal dari batuan yang sudah ada sebelumnya,yakni prololith,protolith (batuan asal)dengan suhu lebih dari 150 derajat celcius dan tekanan yang  sangat padat akan mengalami perubahan fisika atau kimia yang besar pua.batu metamorf sendiri memiliki banyak sekali jenisnya yang termasuk dalam batuan protolit adalah batuan beku,sedimen atau juga bias batuan metamorf  lainny.
Berikut penjelasan tentang jenis jenis batu metamorf ciri cara terbentuk dan kegunaan batu metamoft.

6 jenis batu  metamorf yang perlu anda ketahui.

Batu marmer atau batu pualam

Cara terbentuk  batuan pualam atau marmer:

Batuan ini terbentuk karena saat sebuah batuan mengalami atau terlewati magma yang sangat panas di dapur magma atau juga tubuh batuan intrusive atau bias juga saat batu kapus mengalami perubahan suhu dan tekanan tinggi akibat magma yang ada di dapur magma.

Ciri-ciri batuan pualam atau marmer:

Mengkilap jika di poles,mengeluarkan suara jika di tetesi asam memiliki warna yang berbeda memiliki pita warna,Kristal sedang dampai kasar

Kegunaan batuan pualam atau marmer:

Banyak di gunakan untuk kerjinan seperti patung dan lantai rumah atau ubin

Batuan Sabak

Terbentuknya batuan Sabak:

Batuan ini terbentuk saat ada batuan yang yang mengalami tekanan yang berasal dari tenonik(pada kulitbumi di bagian atas) atau saat batuan serpi h terjadi tekanan dan suhu yang sangat tinggi.

Ciri-ciri batuan sabak:

Memiliki warna kehijauan,keabu-abuan dan hitam bias dibelah menjadi sebuah lempengan tipis.

Kegunaan batuan Sabak:

Banyak di gunakan sebagai kerajinan,batu tulis,bahan bangunan dan untuk atap sebuah bangunan seperti genteng.

Batuan Gneiss (Ganes)

Terbentuknya batuan Gneiss:

Batuan ini terbentuk ketika batuan beku  atau batuan sedimen terdapat pada perutbumi dan mengalami temperatu tinggi dan tekanan

Ciri-ciri batuan Gneiss (ganes):

Batuan ini memiliki wana putih keabuan, memiliki goresan tersusun dari mineral terdapat urat urat yang tebal yang terdiri dari butiran mineral di dalam batuan tersebut memiliki bentuk panjajaran yang tipis dan terlipat padalapisan-lapisannya

Kegunaan Batuan Gneiss(ganes):

Batuan ini banyak di gunakan untk kerajinan.

Batu Sekis

Terbentuknya batuan Sekis: 

Batuan ini terbentuk hanya di bawah permukaan bumi mengalami suhu tinggi dan mengalami tekan yang besar yang di akibatkan oleh  berat yang sangat beesar dari lapusan  batuan di atasnya.

Ciri-ciri batuan Sekis:

Batuan ini memiliki warna hijau ungu dan hitam,mineral di dalam batu ini seringkali bergelombang yang dapat di lihat dari Kristal yang mengkilap tak jarang di temukan Kristal garnet.ciri utamanya memiliki wana yang mengkilat dan tidak berfosil.

Kegunaan batuan Sekis:

Banyak di gunakan untuk industry elektronika

Batuan Kuarsit

Terbentuknya Batuan Kuarsit:

Tebentuknya batuan ini karena suhu panas yang tinggi yang mengakibatkan rekristalisasi feldspar dan kwarsa

Ciri-ciri Batuan Kuarsit:

Ciri batu ini memiliki warna kekuningan,coklat,abu-abu,merah tak jarang berlapis dan terdapat fosil tektur keras dan terdapat butiran biutiran sedang

Kegunaan Batuan Kuarsit:

Banyak di gunakan kerajianan dan industry bangunan.

Batuan milonit

Terbentuknya batuan Milonit:

Batuan ini terbentuk akibat rekristalisasi dinamis mineral yang  menyebabkan berkurangnya ukuran butiran batuan.

Ciri-ciri batuan Milonit:

Ciri dari batu ini adalah memiliki butiran halus memiliki warna ciklat,hitam,biru dan dapat di belah.

Kegunaan batuan Milonit:

Batu ini banyak di gunakan untuk kerajinan.


Semoga artikel di atas memberi manfaat bagi anda.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Batuan Metamorf "jenis ciri dan kegunaan batuan Metamorf yeng perlu anda ketahui lengkap dengan gambar""

  1. Saya mempunyai sebuah batu yang modelnya mirip seperti sebuah mata raksasa berwarna hijau sebesar genggaman tangan dewasa. Namun sayangnya saya tidak dapat.mengirimkan fotonya karena tidak ada pilihan untuk mengirim foto di blog ini. Saya sudah mencoba mencari ke internet kemiripan batu tersbt tetapi tidak menemukan. Apakah anda tertarik untuk meneliti jenis batu ini?

    ReplyDelete